Selasa, 25 Agustus 2015

Kawah Ijen dan Blue Fire

Kawah Ijen dan Blue Fire. Para Penelusur pasti tau salah satu fenomena, bahkan keajaiban alam yang terjadi di indonesia. Salah satunya Kawah Ijen dan Blue Fire. Para Penelusur pernah belum berwisata di tempat ini?, kalau belum cobalah kesini tempatnya sangat bagus dan indah. Ga akan pernah menyesal kalo datang kesini. Kami akan memberi sedikit informasi tentang Kawah Ijen dan Blue Fire di Banyuwangi. Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di daerah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini telah empat kali meletus (1796, 1817, 1913, dan 1936).  Kawah yang merupakan danau terasam di dunia ini berada di ketinggian kurang lebih 2.387m diatas permukaan laut. Dengan kedalaman 200m dan kawah yang berbentuk elips yang berukuran sekitar 965 x 630m yang mengandung kurang lebih 35 juta meter kubik air asam.
Para Penelusur tau ga jalur untuk sampai ke ijen?. Akses untuk menuju Ijen ada 2 jalur, yaitu dari utara dan selatan. Jalur utara bisa dilalui dari Situbondo menuju Sempol (Bondowoso) dan berakhir di Paltuding, bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam. Dari arah selatan bisa dilalui dari Banyuwangi menuju Licin yang berjarak 35km. Panjang pendakian sepanjang 3km yang dapat ditempuh selama 1,5 jam dengan kemiringan 25-35 derajat. Jalur pendakian cukup menanjak dan berpasir sehingga para pendaki harus berhati-hati ketika menuju Kawah Ijen. Jalan menuju kawasan kawah ijen sendiri terbilang sangat baik karena jalan yang sudah di benahi pemerintah setempat, Untuk masalah Akomodasi, anda tidak direpotkan untuk membawa bekal karena di paltuding terdapat banyak warung yang menjual kebutuhan anda dalam pendakian ke kawah ijen, penginapan juga tersedia disana serta area perkemahan yang luas tersedia disana sehingga memudahkan anda untuk sejenak beristirahat menuju ke kawasan kawah ijen. Kawah ini diselimuti dengan asap belerang dan didalam kawah tersebut memiliki keindahan yang luar biasa yaitu danau belerang yang berwarna tosca dan api biru (blue fire) yang hanya ada di dua tempat di dunia.
Bila mendaki Kawah Ijen, jangan lupa untuk mampir juga di lokasi Blue Fire, karena merupakan fenomena alam yang sangat indah. Para penelusur tau kan asal usul dari kata “Blue Fire”?. Blue fire di ambil dari kata ‘’blue’’ yang berarti biru dan ‘’fire’’ yang berarti api, maka dari itu blue fire dapat kita simpulkan adalah api biru.
Apabila Para Penelusur ingin melihat keindahan Blue Fire waktu terbaik untuk berkunjung ke Gunung Ijen adalah di musim kemarau pada bulan Juli sampai September. Pada musim hujan sangat bahaya untuk mendaki karena jalanannya licin. Saat terbaik untuk mendaki gunung pukul 05.000 sampai 06.00 WIB karena di pagi hari matahari belum bersinar terik dan lama perjalanan untuk naik dan turun gunung sekitar empat jam. Pemandangan di pagi hari lebih indah karena banyak kabut yang menyelumuti gunung dan uap belerang belum berbau. Api biru hanya dapat dilihat pada dini hari di Kawah Ijen, yaitu pada pukul 01.00-02.00, sebelum matahari terbit. Puncak momen keindahan Kawah Ijen terletak pada saat matahari sedang berada di belahan bumi lainnya. Warna terang ini berasal dari tingginya suhu yang ada di kawah tersebut.
Keren kan?, pasti Para Penelusur ga akan kecewa untuk menelusuri Kawah Ijen dan Blue Fire ini, selain pemandangan alam yang bagus, Para Penelusur juga diberikan keindahan fenomena alam yang langka di Indonesia, bahkan didunia.
Makanya buat Para Penelusur yang semangat untuk menelusuri Indonesia, jangan lupa untuk datang kesini. Nihh, kami memberikan sedikit gambaran tentang Tempat Wisata Kawah Ijen dan Blue Fire di Banyuwangi, jangan lupa untuk mampir ya. Tetap semangat Ayo Telusuri Indonesia!!






Buat Para Penelusur, jika kalian suka dengan artikel ini tolong kasih comment dan share ya siapa tau teman-temanmu belum tau tempat wisata ini, sekalian membantu memajukan pariwisata indonesia :)
Bagaimana? tertarik untuk liburan ke Kawah Ijen dan Blue Fire yang unik ini?
Ayo ajak keluarga, teman, pacar, atau siapalah untuk kesini!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar